Kajian Keluarga, Selagi Mereka (Orang Tua) Masih Ada



Alhamdulillah pada Minggu 25 Maret 2018, telah berlangsung kajian keluarga bulanan di musholla Al-Istiqomah SRR kita tercinta, bersama ustadz Abdul Fattah Lc dari Insan Cendekia Madani.

Berikut rangkuman kajian tersebut, insya Allah untuk dapat kita petik manfaatnya bersama


Qs An Nissa 36
"Sembahalah Allah dan janganlah mempersekutukan Nya , dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua…"
Perintah berbakti kepada orang tua di sini langsung disampaikan setelah perintah tauhid oleh Allah swt, untuk menunjukkan keutamaannya.

Sabda nabi kepada Abdullah bin mas'ud radhiyallhu anhu.. Ketika belia bertanya apa amalan yg terbaik yang dicintai Allah, Nabi menjawab ;
  • Sholat lima waktu tepat pada waktunya
  • berbakti kepada dua orang tua (Birrul walidayn)
  • Jihad di jalan Allah

Di sini juga kembali ditegaskan akan kemuliaan berbakti kepada orang tua, di antara amalan-amalan penting lainnya.


Keutamaan berbakti kepada orang tua
  1. Amalan yg paling dicintai Allah setelah perintah sholat
  2. Mustajabbun du'a. Doa orang tua sangat mustajab (dipenuhi)
  3. Penyebab turunnya rahmat Allah
  4. Penyebab terhapusnya dosa
  5. Penyebab keberkahan


Cara Berbakti kepada Orang Tua di Saat Masih Hidup
  1. Berbuat baik kepada keduanya
  2. ‎Memenuhi hak-haknya
  3. ‎Selalu mematuhinya, selama tidak bertentangan dengan perintah Allah
  4. ‎Tidak menyakitinya
  5. ‎Melakukan apa yang menyenangkan orang tua, selama tidak bertentangan dengan perintah Allah


Cara Berbakti kepada Orang Tua Ketika Telah Tiada
  1. Mendoakan keduanya
  2. ‎Memintakan ampun atas keduanya kepada Allah
  3. ‎Menunaikan janji orang tua yang tidak sempat terlaksana
  4. ‎Menyambung tali silaturahmi pada rekan karib kerabatnya
  5. ‎Ziarotuhu li qobrihima. Mengunjungi kuburan keduanya




Dalam Hadits no 12 Riyadhush Sholihin diceritakan tentang 3 orang yang tengah terkurung di dalam sebuah gua, kemudian meminta pertolongan kepada Allah

"Seorang dari mereka itu berkata: “Ya Allah. Saya mempunyai dua orang tua yang sudah tua-tua serta lanjut usianya dan saya tidak pernah memberi minum kepada siapapun sebelum keduanya itu, baik kepada keluarga ataupun hamba sahaya. Kemudian pada suatu hari amat jauhlah saya mencari kayu – yang dimaksud daun-daunan untuk makanan ternak. Saya belum lagi pulang pada kedua orang tua itu sampai mereka tertidur. Selanjutnya saya pun terus memerah minuman untuk keduanya itu dan keduanya saya temui telah tidur. Saya enggan untuk membangunkan mereka ataupun memberikan minuman kepada seseorang sebelum keduanya, baik pada keluarga atau hamba sahaya. Seterusnya saya tetap dalam keadaan menantikan bangun mereka itu terus-menerus dan gelas itu tetap pula di tangan saya, sehingga fajarpun menyingsinglah, Anak-anak kecil sama menangis kerana kelaparan dan mereka ini ada di dekat kedua kaki saya. Selanjutnya setelah keduanya bangun lalu mereka minum minumannya. Ya Allah, jikalau saya mengerjakan yang sedemikian itu dengan niat benar-benar mengharapkan keredhaanMu, maka lapanglah kesukaran yang sedang kita hadapi dari batu besar yang menutup ini.” Batu besar itu tiba-tiba membuka sedikit, tetapi mereka belum lagi dapat keluar dari gua "

Demikian beberapa tentang keutaman berbakti kepada orang tua.
Insya Allah kita semua dapat meneladani dan mengambil manfaat nya. Amiin